Tuesday, January 6, 2009

Cara meng-Compile Kernel di OpenSUSE


Linux adalah Operating Sistem yang sangat luar biasa. Bagaimana tidak, selain sistem operasi ini gratis dan dapat disebar luaskan ia juga disertai dengan kode-kode pemogramannya sekaligus. Dan kita diperbolehkan mengkostumasi kode-kode ini sesuai dengan kebutuhan kita dan bahkan mengubahnya sekalipun. Asalkan tetap menyertakan Licensi GNU. Dan seperti halnya sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows, Linux juga memerlukan “Kernel” yang merupakan otaknya sistem operasi. Dan karena Linux dibenarkan kita untuk mengkostumasi semua yang terdapat didalamnya termasuk “Kernel” ini.
Pertanyaan yang muncul pertama sekali dalam benak kita adalah, Mengapa perlu “Kernel” di kostumasi ?. Jawabannya adalah karena kernel adalah otak dari sistem operasi ini, dan secara logika apabila kita dapat membuat kernel ini berukuran kecil maka kita akan mendapatkan respon kerja sistem operasi yang yang lebih gesit alias cepat. Anda dapat menghemat space HDD. Dan masih banyak lagi tentang kelebihan jika anda dapat mengkostumasi kernelnya Si-Linux, misalnya sala apabila anda mengkompile kernel linux dari www.kernel.org, anda akan mendapatkan kernel yang baru dan juga mempunyai librari akan hardware-hardware baru. Hal ini sangat diperlukan untuk komputer, laptop atau bahkan server dengan jenis hardware canggih. Disamping itu karena kernel juga perlu update sehingga kelemahan atau ketidak stabilan kernel tidak akan terjadi pada kernel yang tebaru.
Ada berbagai cara untuk mengkompile kernel di Linux. Dan kali ini saya akan membahas cara mengkompile caranya di OpenSuse. Sedangkan untuk distro linux lainnya juga sama saja prinsipnya hanya perlu penyesuaian saja. Tutorial ini saya buat dalam 20 bagian sambungan untuk membuat tampilan blog ini tidak terlalu panjang kebawah.
 Home                                                                 Selanjutnya

1 komentar:

Suardi said...

Tolong komentarin yah!!

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, terimakasih